Blog Kumpulan informasi dan promo layanan kami

Gagal Isi Token Listrik? – Penggunaan sistem listrik prabayar bisa menjadi solusi tepat demi mengurangi kesalahan pencatatan penggunaan listrik sehari-hari. Dengan sistem ini, pengguna dapat memegang kendali dalam memantau penggunaan daya serta anggaran alokasi pembelian token listrik setiap minggu maupun bulannya. Token listrik juga dianggap paling mudah dalam proses pembeliannya. Pengguna dapat membeli token di kios pembayaran khusus, minimarket, ATM, maupun website atau aplikasi pembayaran yang memberikan pelayanan mudah, cepat, dan nyaman. Namun, pada praktiknya pengguna sering kali menemukan masalah ketika mengisi token listrik, baik itu berkaitan dengan teknis, kapasitas daya listrik, maupun penggunaan yang tidak terkontrol. Nah, berikut ini akan dijabarkan beberapa penyebab kegagalan dalam pengisian token listrik serta solusi tepat untuk mengatasinya.


#1. Kesalahan Pada Server

Gagal isi token listrik

Token listrik – i.ytimg.com

Eror pada server sering kali terjadi pada proses pembelian dan pemasangan token listrik. Pengguna sering kali gagal memasukkan kode seri saat mengisi token. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menunggu server segera pulih. Atau, Anda dapat mereset meteran sebelum memasukkan kembali nomor token.

Untuk mereset meteran, Anda cukup menekan tombol 00, tunggu beberapa detik, lalu masukkan nomor token. Reset meteran biasanya berhasil untuk mengatasi masalah ini. Namun, jika hingga beberapa jam Anda masih belum dapat mengisi token meskipun nomor yang dimasukkan sudah benar, Anda dianjurkan untuk menghubungi teknisi PLN sebab kemungkinan ada kesalahan pada mesin meter maupun proses instalasinya.

#2. Instalasi listrik yang bermasalah

Gagal isi token listrik

Token listrik – kompasiana.com

Instalasi listrik yang kurang tepat dapat menimbulkan berbagai masalah, salah satunya kesulitan dalam memasukkan kode token. Jika tidak segera ditangani, masalah ini akan berujung pada kerusakan atau korsleting. Menghubungi PLN 123 untuk meminta instalasi ulang merupakan langkah yang tepat untuk menghindari risiko kerusakan serta keselamatan pengguna.


#3. Kesalahan dalam pencatatan kode token

Gagal isi token listrik

Token listrik – binpers.com

Saat membeli token listrik di kios pembayaran, nomor kode yang tercantum dalam kertas nota sering kali buram. Hal tersebut biasanya berujung pada kesalahan dalam memasukkan kode token. Anda dapat meminta bantuan petugas kios pembayaran untuk melihat riwayat pencetakan atau pembelian lalu masukkan kembali kode token yang tepat.

Anda pun dapat mencoba beli token listrik di BlanjaPulsa atau link ini https://blanjapulsa.com/produk/token-pln/pln-prabayar. Disamping itu Anda bisa menggunakan aplikasi m-banking untuk mendapatkan kode token yang lebih jelas. Biasanya, pada transaksi pembelian token listrik secara online, kode token akan dikirimkan melalui pesan singkat sehingga Anda tidak perlu takut salah membaca nomor yang tertera pada layar ponsel. Selain itu, pembelian token listrik secara online juga dinilai lebih mudah dan nyaman.